Senin, 14 Mei 2012

Bagian tubuh yg terpenting dalam hidup

Ibuku selalu bertanya padaku, apa bagian tubuh yang
paling penting. Bertahun-tahun, aku selalu menebak
dengan jawaban yang aku anggap benar. Ketika aku
muda, aku pikir suara adalah yang paling penting
bagi kita sebagai manusia, jadi aku jawab, "Telinga,
Bu." Tapi, ternyata itu bukan jawabannya.
"Bukan itu, Nak. Banyak orang yang tuli. Tapi,
teruslah memikirkannya dan aku menanyakan lagi
nanti."
Beberapa tahun kemudian, aku mencoba menjawab,
sebelum dia bertanya padaku lagi. Sejak jawaban
pertama, kini aku yakin jawaban kali ini pasti benar.
Jadi, kali ini aku memberitahukannya. "Bu,
penglihatan sangat penting bagi semua orang, jadi
pastilah mata kita."
Dia memandangku dan berkata, "i jawabanmu masih
salah karena banyak orang yang buta.."
Gagal lagi, aku meneruskan usahaku mencari
jawaban baru dan dari tahun ke tahun Ibu terus
bertanya padaku beberapa kali dan jawaban dia
selalu, "Bukan. Tapi, kamu makin pandai dari tahun
ke tahun, Anakku."
Akhirnya tahun lalu, kakekku meninggal. Semua
keluarga sedih. Semua menangis. Bahkan, ayahku
menangis. Aku sangat ingat itu karena itulah saat
kedua kalinya aku melihatnya menangis. Ibuku
memandangku ketika tiba giliranku untuk
mengucapkan selamat tinggal pada kakek.
Dia bertanya padaku, "Apakah kamu sudah tahu apa
bagian tubuh yang paling penting, sayang?"
Aku terkejut ketika Ibu bertanya pada saat seperti ini.
Aku sering berpikir, ini hanyalah permainan antara
Ibu dan aku. Ibu melihat kebingungan di wajahku
dan memberitahuku, "Pertanyaan ini penting. Ini
akan menunjukkan padamu apakah kamu sudah
benar-benar "hidup".
Untuk semua bagian tubuh yang kamu beritahu
padaku dulu, aku selalu berkata kamu salah dan aku
telah memberitahukan kamu kenapa. Tapi, hari ini
adalah hari di mana kamu harus mendapat pelajaran
yang sangat penting." Dia memandangku dengan
wajah keibuan. Aku melihat matanya penuh dengan
air.
Dia berkata, "Sayangku, bagian tubuh yang paling
penting adalah bahumu." Aku bertanya, "Apakah
karena fungsinya untuk menahan kepala?" Ibu
membalas, "Bukan, tapi karena bahu dapat menahan
kepala seorang teman atau orang yang kamu sayangi
ketika mereka menangis. Kadang-kadang dalam
hidup ini, semua orang perlu bahu untuk menangis.
Aku cuma berharap, kamu punya cukup kasih sayang
dan teman-teman agar kamu selalu punya bahu
untuk menangis kapan pun kamu
membutuhkannya."
Akhirnya, aku tahu.
Bagian tubuh yang paling penting adalah tidak
menjadi orang yang mementingkan diri sendiri.
Tapi, simpati terhadap penderitaan yang dialami oleh
orang lain.
Orang akan melupakan apa yang kamu katakan.
Orang akan melupakan apa yang kamu lakukan.
Tapi, orang TIDAK akan pernah lupa bagaimana
kamu membuat mereka berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar