Senin, 17 Juni 2013

Pengaruh orangtua terhadap perkwmbangan anak

diekspresikan sehingga menciptakan suasana emosional . Santrock dalam bukunya Educational Psychology (2011) menyinggung 4 macam parenting styles, yaitu authoritative, authoritarian, neglectful , dan indulgent . 1 . Authoritative Parenting Orang tua yang authoritative berperilku hangat namun tegas . Mereka mendorong anaknya menjadi mandiri dan memiliki kebebasan namun tetap meberi batas dan kontrol pada anaknya. Mereka memiliki standard namun juga memberi harapan yang disesuaikan dengan perkembangan anak . Mereka menunjukkan kasih sayang , sabar mendengarkan anaknya, mendukung keterlibatan anak dalam membuat keputusan keluarga , dan menanamkan kebiasaan saling menghargai hak - hak orang tua dan anak . Hal ini mampu memberi kesempatan kedua pihak ( orang tua dan anak ) untuk dapat saling memahami satu sama lain dan menghasilkan keputusan yang dapat diterima kedua pihak. Kualitas pengasuhan ini diyakini dapat lebih memicu keberanian, motivasi , dan kemandirian . Pola asuh ini juga dapat mendorong tumbuhnya kemampuan sosial, meningkatkan rasa percaya diri, dan tanggung jawab sosial. Mereka juga tumbuh dengan baik , bahagia, penuh semangat , dan memiliki kemampuan pengendalian diri sehingga mereka memiliki kematangan sosial dan moral , lincah bersosial , adaptif, kreatif , tekun belajar di sekolah , serta mencapai prestasi belajar yang tinggi . Pada intinya , orang tua yang menggunakan pola authoritative dapat meningkatkan perasaan positif anak , memiliki kapabilitas untuk bertanggung jawab, dan mandiri . 2 . Authoritarian Parenting Orang tua authoritarian menuntut kepatuhan dan konformitas yang tinggi dari anak -anak . Mereka lebih banyak menggunakan hukuman, batasan, kediktatoran , dan kaku. Mereka memiliki standard yang dibuat sendiri baik dalam aturan , keputusan, dan tuntutan yang harus ditaati anaknya. Bila dibandingkan dengan pola asuh lainnya , orang tua authoritarian cenderung kurang hangat , tidak ramah, kurang menerima , dan kurang mendukung kemauan anak , bahkan lebih suka melarang anaknya mendapat otonomi ataupun terlibat dalam pembuatan keputusan. Pengasuhan dengan pola ini berpotensi memunculkan pemberontakan pada saat remaja , ketergantungan anak apada orang tua , merasa cemas dalam pembandingan sosial, gagal dalam aktivitas kreatif , dan tidak efektif dalam interaksi sosial. Ia juga cenderung kehilangan kemampuan bereksplorasi , mengucilkan diri , frustasi , tidak berani menghadapi tantangan , kurang berkeinginan mengetahi secara intelektual, kurang percaya diri, serta tidak bahagia. 3 . Neglect Parenting Pola pengasuhan ini disebut juga indifferent parenting. Dalam pola pengasuhan ini, orang tua hanya menunjukkan sedikit komitmen dalam mengasuh anak , mereka hanya memiliki sedikit waktu dan perhatian untuk anaknya. Akibatnya , mereka menanggulangi tuntutan anak dengan memberikan apapun yang barang yang diinginkan selama dapat diperoleh. Padahal hal tersebut tidak baik untuk jangka panjang anaknya, misalnya terkait peran dalam pekerjaan rumah dan perilaku sosial yang dapat diterima secara umum . Orang tua pola ini cenderung tidak tahu banyak tentang aktivitas anaknya . Mereka jarang berbicang- bincang dan hampir tidak mempedulikan pendapat anaknya dalam membuat keputusan. Orang tua neglect atau indifferent bisa saja menganiaya anaknya , menerlantarkan anaknya, dan mengabaikan kebutuhan maupun kesulitan anaknya. Minimnya kehangatan dan pengawasan orang tua membuatnya terpisah secara emosional dengan anaknya sehingga membuat anak minimal dalam segala aspek , baik kognisi , bermain , kemampuan emosional dan sosial termasuk kedekatan / kelekatan pada orang lain. Jika terus menerus terjadi , akan membuat anak berkemampuan rendah dalam menolerir frustasi , pengendalian emosi, perilaku, dan prestasi sekolahnya pun amat buruk . Ia sering kurang matang , kurang bertanggung jawab, lebih mudah dihasut dan dibujuk teman sebayanya, serta kurang mampu menimbang posisinya. 4 . Indulgent Parenting Orang tua indulgent atu permissive berperilaku highly involved pada anaknya . Mereka cenderung menerima , lunak, dan lebih pasif dalam kedisiplinan . Mereka mengumbar cinta kasih tetapi menempatkan sangat sedikit tuntutan terhadap perilaku anak dan memberi kebebasan tinggi pada anak untuk bertindak sesuai keinginannya . Terkadang orang tuanya mengizinkan ia mengambil keputusn meski belum mampu melakukannya . Orang tua semacam ini cenderung memanjakan anak , ia membiarkan anaknya mengganggu orang lain, melindungi anak secara berlebihan , membiarkan kesalahan diperbuat anaknya , menjauhkan anak dari paksaan , keharusan, hukuman, dan enggan meluruskan penyimpangan perilaku anak . Baumrind ( dalam Barus , 2003) menemukan bahwa anak yang menerima pola pengasuhan ini sangat tidak matang dalam berbagai aspek psikososial. Mereka impulsive , tidak patuh, menentang jika diminta sesuatu yang bertentangan dengan keinginan sesaatnya , kurang tenggang rasa , dan kurang toleran dalam bersosialisasi. Pemanjaan terhadap anak dapat menyuburkan keinginan ketergantungan dan melemahkan dorongan untuk berprestasi . Thornburg (dalam Barus , 2003) mengemukakan dua alasan mengapa anak yang diasuh dengan pola seperti ini tidak dapat ditingkatkan perilaku tanggung jawabnya . Yaitu , (1 ) parents who are permissive give little guidance or direction to their adolescents and (2 ) adolescents do not tend to model the behavior of a parent in the permissive home . Berdasarkan penjelasan di atas , dapat dipahami bahwa pola asuh orang tua begitu berpengaruh terhadap kondisi perkembangan anak termasuk dalam prestasinya. Bila anak berada dalam pengasuhan yang kondusif , maka anak akan terbantu dalam proses kematangan perkembangan kognitif , afeksi , dan konasinya . Anak yang dibesarkan dari keluarga authoritative lebih mapan secara psikososial dan lebih berprestasi dibandingkan anak -anak yang dibesarkan dari keluarga authoritarian, neglect , dan indulgent .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar