Jumat, 04 September 2009

Nasruddin dan Profesor

Pada suatu hari, seorang profesor berkunjung ke Desa
Hortu. Profesor itu sangat terkenal diseluruh negeri,
Konon, dia menguasai berbagai ilmu dengan sempurna.
Namun, Nasruddin meragukan hal itu. Dia ingin menguji
kehebatan profesor.


Ditemuinya profesor itu, katanya, "Tuan profesor, saya
akan mengajukan satu pertanyaan kepada Tuan. Kalau
tuan tidak menjawab, Tuan membayar saya sepuluh
dirham. Kemudian Tuan boleh mengajukan satu
pertanyaan kepada saya. Kalau saya tidak bisa
menjawab, saya akan membayar Tuan satu dirham.
Syarat itu cukup adil, mengingat Tuan seorang yang
terpelajar dan ahli berbagai hal, sedangkan pendidikan
saya tidak setinggi Tuan".


Sang profesor berpikir sejenak, lalu menyetujui usul itu.
Nasruddin tersenyum dan mengajukan pertanyaan,..
"Mahluk apakah yang mempunyai tiga kaki?"


Kembali sang Profesor berpikir, kali ini agak lama.
Akhirnya dia menyerah. Katanya. "Aku tidak tahu."
Lalu, dia memberi uang sepuluh dirham kepada
Nasruddin. Orang-orang yang berkerumun menonton
pertandingan itupun ikut berpikir, namun mereka tidak
bisa menemukan jawabannya.


Selanjutnya Profesor itu bertanya, "Nah, sekarang
giliranku bertanya. Makhluk apa yang berkaki tiga?"
"Saya pun tidak tahu, Profesor", kata Nasruddin sambil
segera menyerahkan kembali uang satu dirham, sedang
yang sembilan dirham sesisanya dia masukan
kekantongnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar