Selasa, 03 Juli 2012

Kontrak politik Seorang presiden Mursi. . .contoh tuh

Capres Dr. Mursi, kandidat yang
lahir dari rahim revolusi dalam pernyataan pers hari ini
menyatakan keseriusannya dalam mensejahterakan rakyat,
menciptakan stabilitas keamanan, memajukan pendidikan,
memastikan kehidupan yang layak bagi para buruh dan
petani, kebebasan pers, melanjutkan tuntutan revolusi dan
mengukum pelaku pembunuh syuhada revolusi.
Di bawah ini isi ‘kontrak politik’ capres Mursi terhadap rakyat
Mesir:
ﻪﻠﻟﺍ ﻢﺴﺑ ﻦﻤﺣﺮﻟﺍ ﻢﻴﺣﺮﻟﺍ
1. Saya berjanji di hadapan Allah swt. dan di hadapan rakyat
Mesir yang mulia bahwa saya akan menjadi presiden yang
melayani mereka, saya tidak akan mengkhianati Allah dalam
mengemban amanah mereka dan saya juga tidak akan
mengkhianati Allah dalam memimpin negeri ini.
2. Saya berjanji segera bekerja dengan sungguh-sungguh dan
secepat mungkin dalam menyelesaikan 5 permasalahan
mendasar sehari-hari rakyat Mesir; Mengembalikan
keamanan dan stabilitas, mengurai kemacetan, pengadaan
energi yang melimpah, sembako murah dan berkualitas dan
masalah sampah.
3. Saya berjanji untuk membentuk Lembaga Kepresidenan yang
beranggotakan dari wakil-wakil, pembantu-pembantu dan
penasehat-penasehat yang terdiri dari semua kekuatan
nasional dan juga capres independen, pemuda, perempuan,
kelompok Salafi, Kelompok Koptik, guna memastikan
bersama lembaga yang kokoh.
4. Saya berjanji akan membentuk pemerintahan koalisi yang
mengakomodir kekuatan nasional yang beragam dan
berdasarkan profesi, dan penentuan ketua atau kepala atau
menteri berdasarkan profesionalisme dengan tetap
mempertimbangakan kesesuaian dengan parlemen dan
Hizbul Hurriyah wal Adalah tidak akan dominan.
5. Saya berjanji untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para
pensiunan dan jaminan sosial mereka, antara 1,5 sampai 3
juta.
6. Saya berjanji akan mengurangi beban pajak, bahkan
membebaskan pajak bagi satu setengah juta keluarga.
7. Saya berjanji akan membuka lahan pertanian baru seluas 1,5
juta hektar dan membebaskan hutang yang terkait dengan
pertanian bagi para petani.
8. Saya berjanji akan membuka lapangan kerja 700 ribu
lapangan kerja baru setiap tahunnya.
9. Saya berjanji menambah anggaran untuk kesehatan empat
kali lipat, sehingga kesehatan masyarakat makin meningkat,
begitu juga jaminan kesehatan gratis terutama bagi
penyandang cacat.
10. Saya berjanji untuk meringankan biasa sekolah, memajukan
pendidikan dan pusat kajian, begitu juga menyiapkan tenaga
guru, pendidik di sekolah tinggi maupun di universitas.
11. Saya berjanji melindungi hak-hak perempuan dalam
pekerjaan, dan partisipasi aktif mereka di tengah-tengah
masyarakat. Saya tidak setuju hak pilih perempuan dianulir.
12. Saya berjanji tidak akan membrangus media massa, tidak
akan ada media massa yang ditutup di masa pemerintahan
saya. Saya buka luas kebebasan pers dengan tetap
memperhatikan undang-undang dan kode etik jurnalistik.
13. Saya berjanji akan memberi jaminan hak-hak pekerja atau
buruh dengan membuat undang-undang pekerja dan
menentukan UMR yang layak bagi mereka dari tahun ke
tahun sesuai kebutuhan taraf hidup.
14. Saya berjanji kepada para sopir angkutan umum akan
dimudahkan dalam proses pengurusan surat-surat
kendaraan dengan harga terjangkau, demikian juga dengan
sopir taksi.
15. Saya berjanji akan menghilangkan segala bentuk pembedaan
terhadap setiap warga Mesir, tidak memandang latar
belakang agama, suku dan profesi.
16. Saya berkomitmen dengan apa yang tertuang dalam
program ‘masyru’ nahdhah’, melanjutkan tuntutan revolusi
dan hukuman qishah yang adil terhadap pelaku
pembunuhan keluarga syuhada. [io]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar